Grade 3A
HOMEROOM TEACHER (Wali Kelas) : Eko Purnomo
CLASS TEACHER (Guru Kelas) : Natalina Manya
HOMEROOM TEACHER (Wali Kelas) : Eko Purnomo
CLASS TEACHER (Guru Kelas) : Natalina Manya
Daftar Siswa Kelas 3A Tahun Pelajaran 2020/2021
FOTO Guru & SISWA
Kelas 3A
PENERIMAAN RAPORT SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Penerimaan Raport Semester Genap TP 2020/2021 dilaksanakan pada hari Senin, 18 Juni 2021 secara offline di ruang wali kelas masing-masing. Ada beberapa pertimbangan bahwa wali kelas dan guru kelas perlu bertemu dengan orang tua siswa, karena belum pernah bertemu selama satu tahun pelajaran dan wali kleas memberi penguatan-penguatan mengenai pelaksanaan PJJ agar lebih berkualitas di masa yang akan datang melalui pertemuan secara individual. Jadwal pembagian raport di atur menjadi 3 sesi agar orang tua hadir di sekolah tidak bersamaan dan tentunya mematuhi protokol kesehatan covid-19 ( memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumumanan). Semua orang tua dan siswa tentunya antusias dalam mengikuti kegiatan ini tentunya karena semua siswa kelas 3A yang berjumlah 29 siswa tahun ini dinyatakan naik kelas IV. Dan juga dibuktikan dengan adanya Twibbon yang disiapkan untuk anak-anak yang naik kelas dengan penuh semangat dan percaya diri menggunakan dan mengupload di media sosial. Semoga semangat ini tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan pada masa yang akan datang. Sukses selalu meraih cita-cita.
PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT) ONLINE
Tahun Pelajaran 2020/2021
Tak terasa waktu telah berlalu, Tahun Pelajaran 2020/2021 yang dilakukan secara online yang merupakan dampak adanya pandemi covid-19. Namun tidak mengurangi semangat belajar demi meraih cita-cita dan kesuksesan dimasa yang akan datang. Hari ini, Senin, 7 Juni 2021 sampai Kamis 10 Juni 2021 akan dilaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun ( PAT) secara online untuk mengukur pencapain kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Pelaksanaan PAT akan berlangsung selama 4, mulai pukul 07.30 - 09.30 pada sesi pertama dan pukul 10.00 - 12.00 pada sesi kedua dengan menggunakan google Formulir. Bagi siswa yang tidak dapat mengikuti PAT sesuai jadwal, karena kondisi dan situasi tertentu, maka diberi kelonggaran mengikuti PAT susulan pada sore hari sesuai petunjuk panitia. Namun jika peserta didik yang berhalangan karena sakit, kedukaan atau hal emergency Pelaksanaan PAT akan dijadwalakan pada tanggal 14 -15 Juni 2021. Adapun tata tertib PAT Online Tahun pelajaran 2020-2021, antara lain; orang tua siswa memastikan siswa telah bergabung di Classroom PAT yang telah dibuat panitia. Setiap siswa mengambil dokumentasi pelaksanaan PAT dengan mendokumentasikan( sedang mengerjakan soal PAT dan screenshot soal PAT yang telah dikerjakan), siswa mengunakan seragam sekolah sesuai jadwal, diharapkan siswa mengikuti PAT sesuai jadwal , namun jika ternyata ada kemungkinan berhalangan, mohon orang tua menyampaikan informasi sedini mumgkin kepada wali kelas, orang tua memastikan ketersediaan kelengkapan perangkat( laptop atau HP) yang akan digunakan, Siswa login menggunkan akunn alamat email dari sekolah, siswa hanya dapat mengirim jawaban sebanyak satu kali, memastikan pengisian data dengan teliti dan benar, periksa kembali jawaban sebelum di submit. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator pada Kompetensi Dasar semester genap. Hasil penilain akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.
KEGIATAN HARDIKNAS
QUO VADIS TOKOH PENDIDIKAN NASIONAL DALAM HARDIKNAS 2021
SERENTAK BERGERAK, WUJUDKAN MERDEKA BELAJAR
Peringatain Hardiknas tahun 2021, dilakukan secara online oleh seluruh pengawai dan Siswa SD YPS Lawewu. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu wajib belajar, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala sekolah dengan menayangkan video sambutan Hardiknas kepada seluruh siswa melalui kelas masing-masing secara virtual. Dilanjutkan Siswa menonton video pendidikan yang menggugah semangat belajar siswa dan karakter siswa. Setelah itu siswa akan membuat ringkasan dari hasil tontonannya dengan menceritakan kembali apa yang sudah ditonton dalam bentuk video berdurasi maksimal 5 menit, yang nantinya video tersebut akan diupload pada chanel Youtube SD YPS Lawewu.
Dalam sambutan kepala sekolah menekankan bahwa proses belajar mengajar harus terus dilakukan dan tidak boleh berhenti walaupun kita dilanda oleh pandemi covid 19. Siswa diharapkan untuk sungguh-sungguh belajar walaupun saat ini kita lakukan secara daring atau jarak jauh. Pembelajaran harus dilakukan dengan membutuhkan waktu, tenaga dan upaya sehingga bisa beradaptasi . Begitu banyak hal baru yangg sudah dipelajari dalam masa sulit ini, seperti seperti penguasaan teknologi informasi, cara mengoperasi aplikasi pembelajaran yang tentunya membantu dalam mengejar cita-cita, cara mencari informasi terkait PBM. Penguasaan skill teknologi sangat penting karena kita akan hidup di dalammnya. Marilah kita belajar menguasai TIK sehingga pada Hardiknas 2021 kita bisa melewati masa-masa sulit dan menjadikan anak-anak Indonesia, pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Seluruh siswa denagan penuh semangat dan antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai.
Selamat Hardiknas 2021! Semoga setiap upaya untuk kemajuan pendidikan Indonesia membawa Indonesia semakin maju sekarang dan dimasa mendatang.
Jayalah terus pendidikan Indonesia!
By: Natalina Manya
KEGIATAN BINROH KRISTEN SD YPS LAWEWU
Kegiatan bina rohani Online SD YPS Lawewu yang dilakukan selama 3 hari mulai dari tanggal 14-16 April 2021 dengan TEMA: “KUKASIHI TUHAN DENGAN MENJAGA ALAM CIPTAANNYA” secara online, namun tidak mengurangi semangat anak-anak Tuhan untuk mendalami dan belajar sebagian kecil firman Tuhan. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini, seperti:
I. Penguatan karakter yang terdiri dari :
1. Penguatan Karakter Hidup Bersih
Siswa menonton video ekoenzim, melakukan kegiatan di rumah dengan menampilkan hidup bersih misalnya merapikan tempat tidur mandi pagi, membersihkan kamar,
merapikan rumah dll.
2. Penguatan Karakter Bakti Kepada Orang tua
Siswa membuat kegiatan dirumah sesuai kreatifitas masing-masing yang menampilkan bakti kepada orang tua, misalnya membantu orangtua merapikan dapur, mencuci piring, membantu buang sampah dll
3. Penguatan Karakter Peduli Lingkungan.
Siswa membuat kegiatan dirumah sesuai kreatifitas masing-masing yang menampilkan sikap peduli lingkungan misalnya buang sampah pada tempatnya, merawat tanaman, merawat binatang, menggunakan air & listrik dengan baik, dll.
II. Pemaparan materi
Pemaparan materi secara Virtual melalui Google meet dengan membagi siswa kedalam 3 kelompok yaitu kelas 1 dan 2, kelas 3 dan 4, kelas 5 dan 6 yang didampingi oleh guru pemateri dan penanggungjawab room masing-masing.
Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan game quis untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa atas materi yang sudah dipelajari dan diambil 3siswa yang nilainya paling besar sebagai juara.
Diakhir pertemuan siswa SDS dan SDL dari kelas 1-6 digabung dalam satu room dengan tujuan agar semua siswa bisa saling mengenal satu dengan yang lainya dan juga kembali ada game untuk memotivasi siswa tetap semangat dalam belajar. D an tentunya pemenang dari game qiuz akan mendapatkan hadiah yang menarik. Siswa sangat antusias dan penuh semangat dalam mengikuti bina rohani dari hari pertama sampai hari terakhir.
KEGIATAN PERWALIAN 3A
PENGUATAN KATAKTER PERILAKU HIDUP BERSIH
KEGIATAN PERWALIAN 3A
PENGUATAN KATAKTER SIKAP PEDULI LINGKUNGAN
PEMBELAJARAN VIRTUAL
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 3A
Kegiatan Perwalian Virtual 3A
Bersama Wali Kelas dan Guru Kelas
PEMBELAJARAN VIRTUAL
Pembelajaran virtual Tematik 3A
Game Quizizz
Quiz Interaktif
Jamboard
Google Slides
PRAKTEK PEMBELAJARAN TEMATIK
Perubahan Wujud Benda
Tari Menirukan Hewan
Pola Irama
KARYA SISWA
Mozaik Garuda Pancasila
Karya Dekoratif Tumbuhan
Karya Dekoratif Hewan
Karya Dekoratif Bidang
Foto Mirip Pahlawan
Membaca Teks Sumpah Pemuda
DOKUMENTASI PAS GANJIL
Pembelajaran Semester 2
Tahun Pelajaran 2021/2021
Praktek Pembelajaran Tematik
Memperagakan
Dinamika
Gerak
Tari
KARYA SISWA
Teknik potong, lipat, dan sambung
Artikel Kelas
Belajar Sambil Bermain
Perkembangan teknologi telah berdampak pada perkembangan industri games. Berbagai macam game saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada dunia anak-anak. Game banyak menyita waktu dan konsentrasi dan tentunya akan mengakibatkan hal-hal yang negatif yang akan berdampak buruk, terutama bagi anak-anak yang bermain game dijadikan sebagai kebutuhan pokok.
Suatu gebrakan yang luar biasa boleh dilakukan oleh pemangku jabatan di bidang pendidikan, sekolah mengambil inisiatif mengadakan webinar bagi para pendidik untuk memperkenalkan beberapa jenis-jenis game yang bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 harus terus berjalan dan dilakukan secara daring. Untuk mengurangi kejenuhan dan kebosanan siswa, guru harus bisa mengajar dan mendidik yang praktis, bermakna, kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik, efektif dan tidak membosankan. Salah satu cara adalah menggunakan berbagai aplikasi game dengan tujuan memotivasi para siswa dalam proses pembelajaran dan memaksimalkan perasaan yang enjoy, riang gembira namun terkontrol dalam pembelajaran. Anak-anak didik disuguhi cara belajar yang melekat di hati mereka. Media gamifikasi dapat digunakan untuk menangkap hal-hal yang dapat menarik minat siswa dan menginspirasi untuk terus melakukan pembelajaran secara berkesinambungan.
Siswa/siswi dapat memainkan game sehingga secara tidak langsung dapat belajar dengan harapan semangat anak untuk belajar semakin meningkat dan kualitas belajar anak semakin baik. Tanpa kita sadari, bahwa seluruh aktivitas yang dilakukan terutama saat bermain memberikan kesempatan pada anak untuk langsung berperan dalam proses belajarnya dan sekaligus anak merasa kompetensi tentang kemampuan mereka untuk belajar dan tentunya akan bermanfaat bagi anak. Setiap anak memerlukan kesempatan untuk mengembangkan diri, untuk menunjang kesempatan diperlukan fasilitas dan sarana pendukung dalam berbagai bentuk dan jenisnya antara lain alat peraga, alat bermain dan semua jenis permainan bersifat edukatif demi kepentingan peserta didik. Hal itu dirasakan anak dengan sangat rileks, santai tanpa paksaan, dengan ini anak akan merasa senang bahkan bila ada orang lain, anak anak tanpa merasa terganggu dan tetap konsentrasi pada apa yang sedang ia kerjakan. Sebaliknya anak yang pemalas dapat bermain sambil belajar sehingga dapat merangsang dan mendorong kepribadiannya baik yang mencakup keterampilan psikomotor, kecerdasan, bahasa, emosi maupun sosialnya. Pembuatan permainan merupakan suatu kegiatan awal dalam mendesain permainan yang dapat dilakukan dengan model yang berbeda-beda.
Proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, efisien, karena adanya unsur visual dan audio tetapi juga interaktif yang membuat siswa bisa berinteraksi. Dengan adanya Gamifikasi di dunia pendidikan, siswa-siswi dapat belajar sambil bermain dimana saja dan kapan saja dengan mandiri, penuh semangat dan bertanggungjawab.
BY: Natalina Manya
Literasi Perpustakaan
Globalisasi memaksa dunia untuk semakin cepat dalam menghasilkan berbagai perubahan bagi umat manusia. Arus informasi memencar begitu luas dan super cepat ketika akses-akses teknologi informasi dan komunikasi semakin terbuka . Hari ini Kamis 18 Februari 2021 siswa-siswi kelas 3 SD YPS Lawewu pada jadwal perwalian melalui google meet, mengikuti kegiatan literasi perpustakaan yang dipandu oleh pustakawati Ibu syamsyinar. Para murid sangat antusias mengikuti program ini terbukti yang hadir ada sebanyak 101 orang dan bahkan ada yang sudah tidak bisa bergabung karena kuota tidak mencukupi, namun tetap melakukan inisiatif membuat link meet yang baru agar semua siswa bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik.
Pertemuan pertama untuk kelas 3 SD YPS Lawewu, diawali dengan penjelasan tentang apa itu literasi. Literasi adalah “kemampuan membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah dalam keseharian seseorang”. Dilanjutkan dengan penjelasan jenis-jenis literasi yaitu literasi dasar, literasi media, literasi perpustakaan, literasi teknologi, literasi visual, dan literasi budaya.
Semua siswa yang bergabung dibagikan link book online agar semua bisa belajar secara mandiri dan mengakses secara langsung. Di dalam book online diselipkan beberapa link youtube dan siswa diminta untuk berbagi layar presentasi secara bergantian agar siswa lain bisa menonton video tersebut. Selanjutnya siswa diminta membaca nyaring book online secara bergantian sementara siswa yang lain tetap menyimak. Setelah itu siswa diminta untuk berkreasi menggunakan media padlet untuk menulis kesimpulan dari book online yang telah dibaca. Beberapa dari mereka langsung menyelesaikan tugas dengan baik dan mendapatkan nilai 100 sebagai bentuk apresiasi bagi siswa yang aktif. Dan bagi siswa yang belum menyelesaikan tugasnya diberikan waktu 1 hari untuk menyelesaikannya karena waktu telah berakhir.
Para siswa siswi merasa senang sekali mengikuti kegiatan literasi perpustakaan ini dan terus berharap kedepannya kegiatan ini tetap dilakukan secara berkesinambungan. Salam literasi.
by: Natalina Manya
Media kolaborasi Interaktif Pada Pembelajaran Virtual
Pembelajaran Virtual yang terjadi di kelas maya melalui jaringan internet untuk mengatasi masalah keterpisahan ruang dan waktu antara siswa dan guru melalui teknologi informasi dan Komunikasi tentunya tidak mengurangi semangat belajar di masa pandemi. Teknologi multi media telah berkembang pesat ke arah kolaborasi interaktif yang dilengkapi dengan berbagai aplikasi dan fitur-fitur yang membuat siswa-siswi semakin semangat, tertarik dan menyenangkan dalam pembelajaran virtual. Para siswa tidak hanya mendengar, namun juga bisa Kolaborasi secara interaktif menjadi sangat penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar virtual dimana guru dan siswa dapat saling berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama. Proses PBM Virtual dirancang secara kreatif dengan berbagai software dan aplikasi (jamboard, mentimeter, padlet) untuk menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran secara aktif dan efektif. Siswa-siswi sangat antusias dan penuh semangat mengerjakan tugas dengan kolaborasi mengunakan berbagai media yang disiapkan.
By : Natalina Manya