Grade 4-D

Agus Sistyono

Wali Kelas 4D

Daftar Kelas 4D by Slidesgo

Daftar Peserta Didik

Data Kelas 4D T.P. 2021-2022

Data Kelas

Seluruh peserta didik kelas 4D beragama Islam

STRUKTUR ORGANISASI KELAS 4D

2. DRAFT KALENDER PENDIDIKAN SEKUM 2021-2022 FINAL1.xlsx.pdf

Kalender Pendidikan Tapel 2021/2022

Kalender pendidikan atau sering dikenal dengan Kalender akdademik adalah istilah umum dalam dunia pendidikan yang merujuk kepada jadwal kegiatan tahunan suatu lembaga pendidikan yang memuat semua hal terkait dengan proses belajar-mengajar, penerimaan peserta didik, dan kelulusan. 

Ini sebagai acuan waktu di suatu lembaga pendidikan dalam menyusun atau merencanakan kegiatan selama satu tahun kalender pendidikan, mulai Juli 2021 - Juni 2022.

Vid_hari SP 2020_3.mp4

Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Video Tugas Naurah Alzena 4C.mp4

Salah satu tugas praktek "Oven Matahari"

SLC_Ashilah Rezkiyah

Pertemuan Ortu, siswa, dan Wali Kelas / SLC

Pertemuan ini merupakan kalender tahunan di SD YPS.

Suasana PAS online

Kegiatan Akhir Semester 1

Kenapa disebut kegiatan akhir semester? Karena kegiatan ini dibuka dan dilakukan setelah anak-anak 4D selesai mengikuti kegiatan PAS (Penilaian Akhir Semester) Ganjil Tahun 2021/2022. Tujuan utamanya adalah untuk mengisi waktu luang dan santai mereka setelah 6 bulan belajar dengan mengenal dan mempelajari aplikasi video yang ada dengan memilih yang lebih sederhana. Video ini berisi foto-foto seluruh anak 4D serta beberapa foto kegiatan belajar daring, PHBS, atau yang terkait dengan tugas-tugas sekolah. 

Tentu saja ini diijinkan untuk mendapat bantuan dari orang tua seadanya, artinya  hasil karya video ini adalah buatan anak-anak sendiri. Dari 28 anak jumlah siswa Kelas 4D, yang tertarik untuk mengembangkan minat di IT ada 18 anak.

Nah, penilaian dari 18 anak yang mengirimkan video kompilasi ini, murni dari penilaian dari guru sekaligus wali kelasnya. Dimana, sebelumnya sudah dipaparkan syarat dan kriteria dalam pembuatan video. 

Walaupun ini kegiatan akhir semester 1, namun tenggang waktu pembuatan dan pengumpulan kami batasi sampai pertengahan bulan Januari 2022. Dari semua video yang masuk, tersaring 4 video terbaik versi guru kelasnya. Dan ada 1 video favorit, yaaa. 

Seru lhoo videonya. Mau tahu isinya? Silahkan tonton video-video di bawah ini! *(AS_27 Januari 2022)*

Pemenang 1_Fajra Nadifa.mp4

Pemenang 1

Fajra Nada Nadifa, putri dari Bapak Irdam adalah anak yang pemalu dan pendiam. Keberanian untuk menyampaikan pendapat langsung jarang sekali kami dengar. Namun, dibalik itu semua, Difa (panggilan akrabnya) ternyata menyimpan kemampuan di bidang IT. Kali ini dia mampu meraih pemenang 1 dalam lomba membuat video kompilasi di level kelas 4D semester 1 ini. Tingkatkan terus kemampuanmu! Selamat ya! *(AS_27 Januari 2022)*

Pemenang 2_Abyaz Al Habib.mp4

Pemenang 2 

Abyaz Al Habib, putra dari Bapak Rudin merupakan anak laki-laki yang cukup berani dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, dan selalu menyalakan kamera dalam setiap PJJ. Ini barangkali yang membuat dia berani mengikuti lomba membuat video kompilasi di level kelas 4D semester 1 ini. Dan hasilnya tidak mengecewakan. Pemenang 2 pun dia raih. Tetap semangat, ya! *(AS_27 Januari 2022)*

Pemenang 3_Ashilah Rezkiyah

Pemenang 3 Bersama

Ashilah Rezkiyah, putri dari Bapak Herik merupakan anak perempuan yang aktif dan berani menjawab pertanyaan dalam setiap PJJ. Dalam lomba membuat video kompilasi di level kelas 4D semester 1 kali ini, dia harus bersaing ketat untuk meraih posisi terbaik. Isi dari video ini pun sangat variasi dan kreatif. Namun tidak perlu kecewa, menjadi pemenang 3 sudah merupakan capaian yang luar biasa. Kembangkan terus. Selamat, yaa! *(AS_27 Januari 2022)*

Pemenang 3_Fayaz Fatan.mp4

Pemenang 3 Bersama

Fayaz Fatan, putra dari Bapak Saiful merupakan anak laki-laki yang cukup semangat dalam setiap PJJ. Walau pemalu di saat bertemu langsung dengan gurunya, namun sangat berani tampil saat PJJ, baik dalam menjawab pertanyaan maupun dalam melaksanakan tugas-tugas sekolahnya. Fayaz, ternyata juga hobi mengotak-atik video-video pribadinya. Terus dikembangkan, kelak bisa mendapat manfaatnya. Selamat, yaaa! *(AS_27 Januari 2022)*

Autitito_C.I_Affiat_Putra_PJJ_HD 720p_MEDIUM_FR30.mp4

Video favorit

Autito Cahya Ilahi A.P., putra dai Bapak Amal Affiat merupakan anak laki-laki yang cukup pemalu, tapi ramah dan murah senyum. Video yang ini dapat kategori "favorit" karena unik. apa uniknya? Dalam lomba membuat video kompilasi di level kelas 4D semester 1 kali ini, sudah ditentukan kriteria dan apa yang harus ada dalam video. Ternyata, video ini berisi semua kegiatan dirinya selama belajar di semeter 1, dan video ini dibuat sendiri oleh Tito (begitu sapaan sehari-harinya). Ternyata seru, lhooo... *(AS_27 Januari 2022)*

KELAS 4D.pdf

Laporan HBS Semester 1

Pembagian RAPOR...

Rapor merupakan laporan hasil dari suatu kegiatan yang disusun secara benar. Baik tentang prestasi, kehadiran dan hasil kegiatan ekstrakurikuler, di rapor juga dapat terlihat bagaimana perkembangan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di luar.  Karena belajar kali ini masih dalam pandemik Covid-19, maka kegiatan belajar mengajar berlangsung secara daring. Bagaimana pelaksanaan pembagian rapor kali ini?

Wali Kelas akan membuat undangan dan menjadwalkan kehadiran orang tua dalam pengambilan rapor kali ini dalam dua hari. 

Kelas 4D dengan jumlah siswa 28 orang, dibagi dalam dua kelompok yang setiap hari hanya akan dihadiri seiktar 15 orang tua yang akan menerima rapor secara bergilir sesuai waktu yang telah dibuatkan. Hal ini untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menyediakan hand sanitizer, thermogun, masker cadangan.

Di bawah kami lampirkan suasan penerimaan rapor, di mana pertemuan seperti ini hanya terjadi saat penerimaan rapor saja. 

Seru, yaaa... *(AS_Desember 2021)*

Laporan HBS Sem1 Hari Ke-1

Laporan HBS Sem1 Hari Ke-2

Laporan HBS Sem1 Hari Ke-2

Januari 10 2022_Perwalian Senin/Tematik Sem2 4D (2022-01-09 at 16:02 GMT-8)

Perwalian Pertama Semester Genap 2021/2022

Setelah pembagian HBS Semester ganjil 2021/2022, Senin, 10 Januari 2022, saatnya memulai pembelajaran semester genap 2021/2022. Pembelajaran semester genap ini masih melanjutkan pembelajaran dalam jaringan yang sudah berjalan hampir 3 tahun karena kondisi penyebaran virus corona-19 masih terasa di sekitar masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan perwalian :

- Mengingatkan kembali tentang aturan-aturan PJJ 

- Serba serbi kegiatan pembelajaran di Semester 2 

- Apa-apa yang harus ditingkatkan siswa di semester 2 ini (terutama tugas-tugas)

Namun, pertemuan pertama ini tidak dihadiri semua siswa karena ada siswa yang ijin karena masih dalam perjalanan pulang.

Semoga pembelajaran berjalan lancar dan semua sehat semua. *(AS_Januari 2022)*

Januari 11 2022_PJJ Tematik 4D Sem2 (2022-01-10 at 15:57 GMT-8)

Pembelajaran Hari Pertama Semester Genap 2021/2022 "Tema 6"

Hari Selasa, 11 Januari 2022 merupakan hari pertama pembelajaran bagi seluruh kelas di SD YPS Sorowako. Pembelajaran kali ini sudah memasuki Tema 6 "Cita-citaku" dengan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai adalah mengenal keragaman pekerjaan dan manfaatnya, keragaman budaya, agama, dan bentuk-bentuk toleransi.

Serunya, karena materi ini sebenarnya merupakan bentuk pengulangan dari materi yang ada di tema-tema sebelumnya. Dalam kegiatan ini anak-anak antausias untuk menjawab petanyaan-pertanyaan yang diajukan guru. Saat PJJ ini, siswa belum menampakkan kemampuan dan keberanian untuk menyatakan pendapat secara mandiri seperti bertanya atau merespon pernyataan-pernyataan teman sekelasnya. Semoga di pertemuan selanjutnya, kalian lebih berani lagi, yaaa. *(AS_Januari 2022)*

Membuat Puisi Itu Sulit?

Materi puisi di Tema 6 kali ini, membuat anak-anak kelas 4D tampak semangat. Ini dapat dilihat dari respon anak-anak saat mendapat stimulus. Namun, sayangnya di antara mereka belum ada yang berani mencoba bertanya mengenai materi yang dibahas. Pembelajaran dibuka dengan diputarkannya video pembacaan puisi dari dari  link https://youtu.be/dmHkHew9vQU menjadi lebih seru. Materi Puisi kali ini mencakup pengertian, ciri-ciri, rima, unsur-unsur, isi, makna puisi, amanat dalam puisi. Dalam pembelajaran daring ini pun anak-anak diajak untuk menjawab latihan soal tentang isi materi yang sudah dijelaskan.  Pembelajaran tentang puisi ditutup dengan tugas membuat puisi di padlet, dan ini tetap membuat anak-anak tertantang untuk membuat puisi "Rumahku" dengan bahasa sendiri. Dengan menggunakan apl padlet, hasil kerja anak langsung dapat dilhat dan dikomentari. Dari penggunaan apl padlet ini, masih ada hampir separuh anak terkendala perangkat yang digunakan dan kemampuan mereka dalam menggunkan aplikasi yang dimaksud. *(AS_Januari 2022)*

PJJ Kamis_MATh/Tematik 4D (2022-01-12 at 16:09 GMT-8)

Mengenal Bangun Segi Banyak

Pembahasan di pembelajaran ini sangat menarik. Mengapa? Setiap hari kita melihat maupaun menemukan benda-benda yang permukaannya berbagai macam bentuknya. Apakah kalian mengetahui nama dari bentuk permukaan benda-benda tersebut. 

Nah, di sini kalian akan mendapatkan pengetahuan baru, sebenarnya bukan baru, tapi baru tahu nama-namanya. Hehehe....

Di bagian akhir PJJ ini, anak-anak diajak bermain sambil belajar untuk mengetahui penguasaan materi bangun segi banyak dengan aplikasi wordwall. Silahkan klik link https://wordwall.net/play/9685/929/185 .

Yuk, simak video di atas, semoga bermanfaat!
Maaf, klo menemukan hal-hal yang aneh dalam video di atas, ya. *(AS_Januari 2022)*

Remedial Tema 6

Apa remedial itu? Sebagian besar orang tua siswa sudah mengenal istilah ini. Ini adalah suatu kegiatan yang diberikan kepada siswa yang belum menguasai materi ajar yang telah diberikan oleh guru. Mengapa belum dikuasai oleh siswa? Penyebabnya sangat beragam, apalagi pembelajaran semester 2 ini masih daring. Hari yang kami pilih untuk melaksanakan kegaiatan ini biasanya di hari Jumat sesuai waktu yang tersedia. 

Dari mana kita mengetahui seorang siswa harus remedial? Ini dapat diketahui setelah seluruh proses PBM suatu materi ajar tertentu , semisal "materi Tematik Tema 6", selesai diajarkan dan diuji dengan suatu penilaian tertentu. Untuk mengetahui tingkat kemampuan dan pamahaman materi Tema 6 kali ini, kami melakukan dengan penilaian "paper and pencil". 

Mengapa kegiatan remedial ini perlu dilakukan? Tentu dengan maksud mempertinggi penguasaan bahan ajar tertentu sehingga siswa diharapkan mampu mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan sebelumnya untuk mencapai ketuntasan belajar yang nantinya berdampak baik bagi prestasi belajar siswa.

Remedial ini merupakan pengajaran yang bersifat pengulangan dari materi tertentu yang telah diajarkan dan diujikan, yang berfungsi membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi ajar tertentu

Harapannya, perbaikan ini diarahkan kepada pencapaian hasil yang optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa melalui keseluruhan proses belajar mengajar dan keseluruhan pribadi siswa, sehingga dapat memperbaiki prestasi belajarnya dan mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. 

Sekali lagi, kegiatan ini hanya diberikan kepada siswa-siswa tertentu. *(AS_Februari 2022)*

Tematik Tema 7

Pembelajaran  Tematik Tema 7 dibahas selama 3 minggu dengan menyebar mautan-muatan pelajaran di program mingguan.  Apa saja materi yang dibahas di dalamnya? Ada keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya Indonesia, gagasan pokok dan informasi baru dari teks, macam-macam gaya dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, keragaman masyarakat di Indonesia dan penyebabnya, , serta tempo, nada, pola lantai, karya seni teknik menempel. *(AS_Februari 2022)*

SLC Tengah Semester 2

Apakah SLC itu?

Suatu aktivitas unjuk karya dan hasil belajar siswa kepada orang tua dan gurunya. Siswalah yang mengambil peran dalam mengomunikasikan perkembangan belajar mereka selama kurun waktu tertentu. Karena kondisi masa pandemi Covid-19 saat ini sudah mulai membaik, maka pelaksanaan LSC dilangsungkan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pelaksanaan SLC di SD YPS Lawewu dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 25 Maret 2022 dan Senin, 28 Maret 2022 secara bergilir berdasarkan pembagian waktu yang diberikan oleh Wali Kelas kepada para Orang Tua Siswa.

Jadwal SLC (Student Led Conference)/KTA (Konferensi Tiga Arah) berlangsung maksimal selama 15 -20 menit yang berisi diskusi siswa dan orang tuanya yang didengarkan oleh guru.

Catatan: Di masa SLC kali ini yang utama adalah siswa sudah berani dan mau belajar berbicara, membangun komunikasi positif dengan orang tua dan guru.

Semua kegiatan SLC terdokumentasikan berupa foto, rekaman suara, maupun rekaman video. Namun, dari semua kegiatan ini tentu masih memilki hambatan-hambatan, antara lain:

JADWAL SLC SEM2 4D 2022 (1).pdf

Rekaman suara

Rekaman video

Simulasi PTMT

PTMT, PAT, dan Kenaikan Kelas Tapel 2021/2022

Video dari 240.Agus Sistyono

PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) di kelas 4D ini terbagi dalam dua kelompok, kelompok ganjil masuk pada tanggal 23 - 26 Mei dan kelompok genap masuk pada tanggal 30 Mei - 2 Juni 2022. Kehadiran mereka di kelas seolah-oleh telah menghidupkan kembali sekolah yang telah lama tidak mereka datangi, nyaris 2.5 tahun. Kelas yang dulu sepi, sekarang dipenuhi dengan canda dan tawa anak-anak. Celotehan spontan anak saat menyimak pelajaran pun terdengar. 

PAT (Penilaian Akhir Tahun) merupakan penilaian semester dua, dimana penilaian ini merupakan penilaian penutup dari pembelajaran selama satu tahun ajaran, yang biasa dikenal dengan istilah penilaian kenaikan kelas. Penilaian ini dilakukan secara online dari rumah anak masing-masing dengan menggunakan aplikasi google form yang telah dikirimkan di classroom masing-masing level kelas.

Kenaikan Kelas, adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh anak sekaligus orang tua. Yang mana mereka akan segera mengetahui hasil pembelajaran selama satu tahun ini. Pembagian rapor kenaikan kelas ini dilakukan secara offline. Anak diundang ke sekolah dengan didampingi orang tua untuk menerima rapor. Suasana ramai sebagai rasa kebahagian anak dan orang tua, sekaligus sebagai masa perpisahan dengan guru walinya. *AS_Juni 2022*